A look on Mischief Denim
Segala hal yang ditulis disini didasarkan pada wawancara penulis dengan store manager Mischief Denim dan analisis penulis sendiri.
Mischief Denim Studio
Mischief
Denim didirikan pada tahun 2006 oleh Christian Hartana. Awalnya Mischief Denim
membuka sebuah outlet khusus jeans di daerah Trunojoyo, Bandung. Pada masa awal
didirikan, Mischief Denim hanya menjual produk berupa jeans dari bahan lokal, namun
usaha ini berangsur-angsur mulai berkembang seiring tingginya minat masyarakat
akan celana jeans premium. Produk yang ditawarkan saat ini tidak hanya celana
jeans, namun juga mencakup beberapa garment seperti jaket dan kaos, dengan
bahan denim yang berasal dari berbagai belahan dunia seperti Jepang, Tiongkok,
dan Thailand. Seiring perkembangan ini pula
Mischief Denim mulai merambah pasar Online, sehingga pada tahun 2015
dimulailah penjualan jeans melalui website mischiefdenim.com.
Johan Malik, Mischief
Denim Brand Ambassador
Produk
utama yang dijual oleh Mischief adalah celana jeans premium dengan rentang
harga dari Rp 579.000 sampai Rp 1.899.000. Faktor yang paling mempengaruhi
perbedaan harga tersebut adalah tebal denim yang digunakan dan negara tempat
kain yang digunakan diproduksi. Saat ini promosi dilakukan dengan media Online,
terutama Instagram dan Website Mischief Denim. Melalui website, Mischief
menerima pengiriman ke seluruh dunia, sedangkan outlet fisik yang menjual
produk Mischief Denim berada di Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, dan Lampung.
Dalam hal kualitas dan popularitas, Mischief dapat disebut sebagai salah satu
brand denim terbaik di Indonesia saat ini. Namun hal ini tidak menutup
terjadinya persaingan antar brand. Brand yang dapat disebut sebagai berat
Mischief Denim di pasar lokal antara lain Oldblue.co, PMP Denim, Sage Denim,
dan Elhaus. Belum lagi brand denim luar negeri seperti Levi’s, Wrangler, dan
Nudie yang lebih familiar di kalangan masyarakat umum. Dengan ketatnya
persaingan antar brand, Mischief tetap berkeinginan untuk mencapai visinya,
yaitu memajukan terus produk denim lokal Indonesia.
Mischief Denim Iron Label
Dari aspek
produksi, Mischief menargetkan produksi 500 pasang jeans per bulan, diikuti
pula dengan keluarnya article baru
tiap bulan untuk produk selvage-nya.
Produksi tersebut dilakukan di Studio Mischief Denim di daerah Riau, Bandung.
Studio ini dilengkapi dengan 19 alat produksi dan ditenagai oleh 15 karyawan.
Struktur organisasi Mischief adalah sebagai berikut:
Struktur Organisasi Mischief Denim
Dinilai
dari aspek hukum, jelas bahwa Mischief adalah usaha yang legal. Semua barang
yang diperdagangkan sudah termasuk dengan pajak, bahan yang di-impor juga telah
membayar pajak bea cukai. Dari aspek ekonomi, dilihat dari cukup besarnya nama
brand dan kesuksesan pemasaran, dapat dikatakan kalau Mischief adalah usaha
yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman untuk terus melebarkan
sayapnya. Dari segi sosial dan lingkungan, Mischief adalah salah satu brand
denim lokal perintis yang dapat diterima masyarakat luas dan cukup berjasa
dengan membawa nama Indonesia ke pasar Internasional.
Dengan
semakin tingginya selera masyarakat akibat globalisasi, semakin tinggi pula
tuntutan masyarakat untuk memiliki barang fashion yang berkualitas. Mischief
sebagai produsen jeans premium dapat dikatakan merupakan brand yang menjanjikan
dan memiliki prospek yang baik. Apabila usaha ini semakin dikembangkan, tidak
menutup kemungkinan bahwa produk lokal Indonesia akan dilihat oleh dunia
sebagai produk berkualitas yang dapat bersaing di kancah Internasional. Rencana
Mischief kedepannya adalah memperluas target pasarnya dengan cara meluncurkan
produk-produk baru dengan ide yang lebih fresh dan desain yang berbeda dari
sebelumnya, terutama pada bagian outwear namun
dengan tetap mempertahankan identitasnya sebgai produsen denim lokal.
Berikut adalah analisis S.W.O.T. penulis terhadap Mischief Denim.
- Strength: Kualitas superior; Tersedia dalam banyak varian, ukuran, dan fit; Distribusi luas; Pemasaran sangat baik
- Weakness : Harga tergolong premium
- Opportunity : Peminat jeans premium terus bertambah; Mudahnya transaksi online saat ini
- Threat : Pesaing cukup banyak dan terus bertambah; Cakupan target pasar masih terbatas; Kurangnya apresiasi masyarakat terhadap produk lokal
Comments
Post a Comment