Southeast Blue, Born from the Sea, Rise to the Sky
Post ini penulis buat dalam rangka memenuhi tugas individu Mata Kuliah Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung.
Dari hasil wawancara dengan Mischief Denim, penulis terinspirasi untuk membuat produk inovasi sendiri yang didasarkan pada brand mischief denim. Brand ini dinamakan Southeast Blue, dengan didasari letak geografis Indonesia yang berada di tenggara (southeast) Asia, dan warna biru yang merupakan identitas denim dan melambangkan laut karena Indonesia merupakan negala kepulauan terbesar.
Visi dari southeast blue adalah menjadi salah satu brand Indonesia yang dapat menembus pasar global sehingga produk lokal Indonesia dapat dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Misi dari southeast blue adalah mampu memproduksi denim dengan kualitas premium yang dapat dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat.
Southeast Blue dibagi menjadi tiga lini produk, yaitu:
Dari hasil wawancara dengan Mischief Denim, penulis terinspirasi untuk membuat produk inovasi sendiri yang didasarkan pada brand mischief denim. Brand ini dinamakan Southeast Blue, dengan didasari letak geografis Indonesia yang berada di tenggara (southeast) Asia, dan warna biru yang merupakan identitas denim dan melambangkan laut karena Indonesia merupakan negala kepulauan terbesar.
Visi dari southeast blue adalah menjadi salah satu brand Indonesia yang dapat menembus pasar global sehingga produk lokal Indonesia dapat dikenal dan digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Misi dari southeast blue adalah mampu memproduksi denim dengan kualitas premium yang dapat dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat.
Southeast Blue dibagi menjadi tiga lini produk, yaitu:
- Iron Bird Series, lini produk premium yang menggunakan bahan denim impor dari Jepang, Zimbabwe, Amerika, dll. Lini produk ini ditargetkan untuk para denim enthusiast dan konsumer golongan menengah keatas. Ciri dari lini produk ini adalah produk-produknya menggunakan nama spesies-spesies burung.
- Bluescript Series, lini produk yang menggunakan bahan lokal dengan ketersediaan fit yang lebih beragam. Lini produk ini ditargetkan untuk entry level user dengan harga yang lebih murah sehingga dapat dibeli oleh semua kalangan. Ciri dari lini produk ini adalah produk-produknya menggunakan nama-nama laut.
- Origin Leather Series (coming soon). Lini produk ini berisi aksesoris berbahan kulit seperti dompet, tas, sepatu, dll. Lini produk ini rencananya akan menggunakan bahan kulit yang berbeda beda mulai dari lokal (kulit sapi jawa) hingga impor (horween leather dari amerika). Lini produk ini diciptakan karena pada dasarnya konsumen yang tertarik dengan denim juga cenderung menyukai aksesoris berbahan kulit.
Inovasi yang saya lakukan pada brand Southeast Blue diantaranya:
- Variasi bahan denim yang digunakan. Dalam setiap produk akan disampaikan asal negara dari katun yang digunakan untuk membuat denim.
- Lini produk. Menambahkan identitas dan memperluas cakupan target pasar.
- Produk jenis baru. Brand Southeast Blue menghadirkan aksesoris-aksesoris berbahan kulit asli.
Berikut adalah link menuju website Southeast Blue:
Comments
Post a Comment